Translate

Rabu, 27 Oktober 2021

Masyarakat di Ngantang Minta Pendampingan PROFAUNA dalam Program Konservasi Hutan

 
Masyarakat desa yang tergabung dalam Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Wonodaddi, Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang menyatakan minta didampingi oleh PROFAUNA Indonesia dalam program konservasi hutan di desanya. Pengajuan pendampingan itu diajukan oleh Ketua LKDPH Wonodadi, Widiyono, pada tanggal 15 Oktober 2021 dalam sebuah pertemuan rutin anggota LKDPH Wonodadi yang dihadiri tim PROFAUNA. Pengajuan itu kemudian ditindaklanjuti dengan surat tertulis ke PROFAUNA Indonesia.

PROFAUNA Indonesia dengan senang hati menyambut baik permintaan warga desa Sidodadi tersebut, karena PROFAUNA percaya bahwa hutan akan lestari jika masyarakat lokal teribat aktif dalam menjaganya.

“Permintaan pendampingan dari masyarakat desa di Ngantang ini menunjukan kepercayaan kepada PROFAUNA Indonesia sebagai sebuah yayasan sosial yang begerak dibidang koservasi hutan dan perlindungan satwa liar. Tentu saja kami siap kolaborasi dalam program konservasi hutan di Desa Sidodadi ini,” kata Ketua Pembina PROFAUNA Indonesia, Rosek Nursahid.

   Pertemuan LKDPH Wonodadi dan PROFAUNA Indonesia

Hutan yang ada di sekitar Desa Sidodadi secara umum memang kondisinya masih bagus. Apalagi hutan lindungnya, masih berupa hutan belantara dengan keragaman hayati tinggi.

Info tentang keragaman burung di hutan ini, silahkan cek di link berikut ini: Keragaman burung dihutan lindung Ngantang.

“Dulu kami pernah kekurangan air karena hutan dibabat habis pada tahun 1998, kemudian kami kerja gotong royong untuk memulihkan hutannya. Sekarang hutannya sudah kembali rimbun dan sumber air lancar, seperti yang ada di Sumbersongo,” kata Widiyono.

Widiyono dan warga Desa Sidodadi lainnya tidak ingin kekurangan air lagi. Mereka ingin hutan yang masih utuh ini tetap terjaga kelestariannya. “Kami sangat senang dengan kehadiran PROFAUNA di desa kami, karena ini akan menjadi mitra kami dalam menjaga kelestarian hutan,” ujar Jamal, kepala Dusun Sekar yang juga pengurus LKDPH Wonodadi.

Kondisi hutan lindung di Desa Sidodadi yang masih utuh bisa dilihat pada video berikut ini: Video hutan lindung Sumantoro.

Ini Hasil dari Monitoring Burung Rangkong di Cagar Alam Pulau Sempu

  Tim Balai Besar KSDA Jawa Timur dan PROFAUNA Indonesia melakukan monitoring keberadaan jenis-jenis burung rangkong di Cagar Alam Pulau Sem...